Selasa, 30 Desember 2014

Prinsip Kerja Motor Diesel 4 Langkah

Prinsip Kerja Motor Diesel 4 Langkah.


Prinsip Kerja Diesel 4 Langkah

a. Langkah hisap ( intake stroke ).
Piston bergerak dari Titik Mati Atas ( TMA ) ke Titik Mati Bawah ( TMB ).   Intake valve terbuka dan exhaust valve tertutup, udara murni masuk ke   dalam silinder melalui intake valve. 

b. Langkah kompresi ( Compression stroke ).
Udara yang berada di dalam silinder dimampatkan oleh piston yang   bergerak dari Titik Mati Bawah ( TMB ) ke Titik Mati Atas ( TMA ), dimana   kedua valve intake dan exhaust tertutup. Selama langkah ini tekanan naik   30 - 40 kg/cm2 dan temperatur udara naik 400 - 500 derajat celcius.

c. Langkah Kerja ( power stroke ).
Pada langkah ini, intake valve dan exhaust valve masih dalam keadaan   tertutup, partikel - partikel bahan bakar yang disemprotkan oleh nozzle   akan bercampur dengan udara yang mempunyai tekaan dan suhu tinggi,   sehingga terjadilah pembakaran yang menghasilkan tekanan dan suhu   tinggi. Akibat dari pembakaran tersebut, tekanan nak 80 ~ 110 kg/cm2 dan   temperatur menjadi 600 ~ 900 derajat celcius.

d. Langkah buang ( exhaust stroke ).
Exhaust valve terbuka sesaat sebelum piston mencapai titik mati bawah   sehingga gas pembakaran mulai keluar. Piston bergerak dari TMB --- >   TMA mendorong gas buang keluar seluruhnya.

Kesimpulan : Empat kali langkah piston atau dua kali putaran crank   shaft, menghasilkan satu kali pembakaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar